Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Fungsi Modem Internal dan Eksternal - Modem berasal dari kat modulation-demodulation, nama ini diberikan karena sesuia dengan cara kerjanya atau fungsi modem, dimana modem bekerja mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ( modulasi) agar dapat dikirim melelui saluran telepon dan sebaliknya untuk mengubaj sinyal analog (demodulasi) menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti oleh komputer. Baca juga fungsi router

fungsi modem adalah adsl modem router internal fungsi modem wifi fungsi modem dan router bolt fungsi modem eksternal wavecom

Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, modem akan merubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada saat komputer menerima data dari internet maka modem akan merubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga komputer dapat mmbaca sinyal tersebut. Ddengan cara ini modem membuat sebuah komputer untuk mengakses internet dan tergabung ke jaringan internet melalui jaringa telepon.

Kecepatan Transper Modem

Kecepatan modem mentransper data dengan satuan bits/ second (bps). Saat ini umumnya kecepatan transper data modem dial-up terdapat dipasaran adalah 56kbps. Ini berarti modem tersebut dapat mentransper data sebesar 56 kilobits setiap detiknya. Secara teori, kecepatan akses dengan menggunakan modem dial-up dapat mencapai 56 kilobits, Namun biasanya kecepatan akses manggunakan modem dial-up kurang dari kecepatan maksimal.

Jenis - Jenis Modem

Ada dua jenis modem yang terdapat dipasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal, modem internal adalah sebuah perangkat keras komputer yang dipasang langsung pada motherboard komputer. Sedangkan modem internal adalah modem yang terpisah dengan komputer, modem jenis ini dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel USB.
Keuntungan modem internal adalah harganya lebih murah namun memiliki kelemahan dalam pemasangan yang sulit dan penggunaanya tidak bisa dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain karena harus direpotkan dengan membuka casing komputer. Keuntungan menggunakan modem eksternal adalah dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain, namun harganya mahal.

Komentar