Pengertian Url Fungsi dan Contohnya

Pengertian Url Fungsi dan Contohnya - World Wide Web yaitu koleksi besar file elektronik yg tersimpan di jutaan pc di semua dunia. Uniform Resource Locators atau URL yaitu alamat yg dipakai utk menemukan file. Berita beberapa hal yg terkandung dalam URL memberikan kekuatan untuk berpindah dari satu halaman situs lainnya  dgn hanya satu klik. ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote atau server web, untuk mendownload satu atau lebih file. Dan setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.
pengertian url dan contohnya, pengertian url dan fungsinya
Berikut adalah ciri yang khas dari URL?
  • http://www.facebook.com/pustekkom. Ini adlah Halaman Fb utk Pusat TI / Teknologi Informasi - Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
  • ftp://rtfm.mit.edu/pub/. Suatu direktori file di MIT yang tersedia untuk didownload.
  • news : rec.gardens.roses. Ini adalah sebuah  newsgroup dengan topik berkebun.
  • http ://blogs.reuters.com/soccer. Blog khas sepak bola dari kantor informasi Reuters.

Mengenal Bagian-bagian URL

Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu tipe sumber daya atau metode akses di alamat itu. Juga Sebagai contoh http:, ftp: dan file:.
http: Adalah dokumen hypertext atau direktori
ftp: Adalah file yg tersedia utk di-download atau direktori file tersebut news : newsgroup
file: Adalah file yg terletak terhadap drive lokal komputer anda.

Bagian kedua kebanyakan merupakan alamat komputer di mana data atau pelayanan berada. Bidang penambahan bisa saja memastikan nama file, port buat menghubungkan ke, atau teks utk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

Satu Buah URL lengkap rata-rata terdiri dari tiga komponen : protokol, nama website, & path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan kepada Gambar berikut.
http:// www.example.com /2011/samples/first.html
Hal penting pertama yg dilakukan yaitu URL memastikan protokol mana yg bakal dipakai utk transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server tahu utk memakai Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam "modus web" www.example.com

Untuk bagian berikutnya dari URL adalah mengidentifikasi web dgn nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain yaitu example.com. www di bagian awal merupakan nama host tertentu di domain tersebut. Nama host "www" sudah menjadi sebuah kesepakatan. Namun, terkadang nama host dapat dihilangkan, tergantung pengaturan dari adminnya sendiri. Ada juga yang lebih dari satu situs di domain (atau yang lebih dikenal dengan subdomain). Contohnya, ada : development.example.com, clients.example.com, dan sebagainya. develoved disini sebagai nama web example.com sebagai subdomain, .com sebagai domain nya. baca juga pengertian situs domain dan web hosting
/2012/samples/first.html
Ini merupakan path absolut melewati direktori pada sebuah server ke dokumen HTML yg diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring merupakan nama direktori, dimulai dgn direktori root dari host (seperti yg ditunjukkan oleh awal /), menyampaikan mau memakai protokol HTTP utk mengakses ke server situs di Internet dinamakan www.example.com & meminta first.html dokumen (terletak di direktori contoh yg ada di direktori 2012).

Sebahagian dari URL yg dapat menggunakan awalan/start dgn http, yg merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yg file HTML yg ditransfer lewat Website. Berikut ialah sekian banyak hal-hal lain utk mengetahui mengenai URL :

Suatu URL rata-rata tak mempunyai spasi.
Sebenarnya penulisan URL tidak sensitif pada huruf besar atau kecil. Jadi jika kita mengetik url dengan mengetik "http://www.PintarKomputer.Org" atau "HTTP://WWW.PINTARKOMPUTER.ORG" atau variasi huruf besar dan kecil maka url tersebut akan menuju kehalaman yang sama.
Namun apabila mengetik URL salah maka, browser tak akan bisa menemukan website atau sumber yg inginkan. untuk penulisan yang salah, jika anda ingin mengakses situs ini maka anda harus mengetik di andress bar dengan www.pintarkomputer.org, namun jika anda mengetik www.pintarkomputer.co maka anda akan menuju ke blog orang orang lain, atau mungkin nada akan di redirect ke mercusuar.
Mungkin itu saja dari saya mengenai pengertian url dan fungsinya, semoga bermanfaat sampai ketemu lagi dalam pembahasan selanjutnya, terimakasih sudah mampir, wassalam.

Komentar