Cara Mengganti Nama Komputer, Laptop, Notebook pada Windows 10

Mengganti Nama Komputer, Laptop, Notebook pada Windows 10 - Kerika sobat baru selesai menginstall ulang komputer, laptop atau notebook, kebanyakan secara default (bawaan) nama PC yg digunakan adalah berupa kombinasi huruf, angka, dan simbol yg sulit dihafal. Sekilas aspek ini tak terlalu jadi masalah.

Memang benar, Komputer pribadi yg diperlukan untuk kepentingan pribadi saja tidak akan  jadi masalah dengan nama default. Tetapi, pada saat komputer kita terhubung dengan jaringan LAN, disinilah sobat akan merasa penting untuk memberikan nama kepada komputer sobat dengan jelas dan mudah diingat. Karena dalam sebuah jaringan, nama computer akan jadi identitas yg mudah dimengerti oleh orang yang lain. Dengan begitu, orang lain bisa mengakses komputer sobat.

Lalu bagaimana sih cara mengganti nama komputer di windows 10? Berikut ini saya akan berikan 2 cara mudah buat mengubah nama PC di windows 10.

Trick 1 : Cara Mengubah Nama Komputer Melalui Control Panel
1. Buka control panel. Selanjutnya arahkan mouse pada page Control Panel > Sistem and Security > System. Disini Anda dapat melihat sekian banyak info tentang system di komputer/pc anda. Pada sektor Computer Name, domain, and workgroup settings, klik Change settings. Seterusnya akan muncul jendela baru  yaitu System Properties.

cara mengganti nama komputer windows 10
 

Pada opsi To rename this komputer... klik tombol change. Sterusnya isilah nama baru untuk komputer anda, nama bebas sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah, selanjutnya klik OK.

Sesudah itu, Windows akan memberitahu sobat utk cepat me-Restart computer, supaya perubahan dapat diterapkan. Sebelum me-restart, pastikan seluruhnya pekerjaan telah tersimpan. Sesudah Restart, semestinya nama computer sobat telah berubah.
Trik 2 : Mengubah Nama Komputer Melalui Windows 10 Settings
1. Buka setting di Windows 10 , caranya klik start menu > settings. 
2. Pilihlah tab Sistem > About. Tak jauh berbeda dgn yg di control panel, disini sobat juga akan melihat sekian banyak info tentang system pada computer. Utk edit nama pc, klik Rename PC, tombolnya berada di bagian atas.

cara mengganti nama windows 10


3. Jika telah klik OK. Windows dapat meminta sobat utk me-restart pc supaya perubahan dapat dieksekusi. Sesudah re-start mestinya nama computer anda telah berganti jadi yg baru.

Komentar