Pengertian Bootstrap dan Fungsinya

Pengertian Bootstrap dan Fungsinya - Dikutip dari websitenya getbootstrap.com, “Bootstrap is the most popular HTML, CSS, and JS framework for developing responsive, mobile first projects on the website.”

Bootstrap adalah framework HTML & CSS, yang berfungsi untuk situs web dan aplikasi web. Bootstrap berisi HTML - dan CSS desain berbasis template untuk tipografi , bentuk, tombol, navigasi dan komponen antarmuka lainnya, serta opsional JavaScript ekstensi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengembangan dari website dinamis dan aplikasi web. Karena ini adalah framework HTML & CSS, front-end para "programmer" lah sering menggunakan keandalan dari bootstrap ini. Tetapi, tak menutup kemungkinan back-end programmer pun ikut menggunakan framework yang satu ini. 


Pengertian Bootstrap dan Fungsinya

Bootstrap dilengkapi dengan beberapa komponen JavaScript dalam bentuk jQuery plugin. Mereka menyediakan elemen antarmuka pengguna tambahan seperti kotak dialog, tooltips. Bootstrap juga memperluas fungsi beberapa elemen antarmuka yang ada, termasuk fungsi auto-lengkap untuk bidang masukan. Dalam versi 2.0, plugin JavaScript berikut ini didukung: Modal, Dropdown, Scrollspy, Tab, Tooltip, Popover, Alert, Button, Ciutkan, Carousel dan Typeahead.

Tidak hanya tampilan statis saja yg disediakan bootstrap, kamu juga dapat menambahkan tampilan yg dinamis, atau ada sedikit animasinya, sebab di framework ini disediakan juga plugin Javascript. Kabar bagusnya lagi, framework ini mensupport web responsive. jadi, tampilan akan beralih ukurannya tergantung pada resolusi monitor device yg dipakai pengguna disaat mengakses website dari browsernya.

Bootstrap, awalnya bernama Twitter Blueprint, dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal. Sebelum Bootstrap, berbagai perpustakaan yang digunakan untuk pengembangan antarmuka, yang menyebabkan inkonsistensi dan beban pemeliharaan tinggi.

Bootstrap kompatibel dengan versi terbaru dari Google Chrome , Firefox , Internet Explorer , Opera , dan Safari browser, meskipun beberapa browser ini tidak didukung pada semua platform.

Sejak versi 2.0 juga mendukung desain web responsif . Ini berarti tata letak halaman web menyesuaikan dinamis, dengan mempertimbangkan karakteristik dari perangkat yang digunakan (desktop, tablet, ponsel).

Dimulai dengan versi 3.0, Bootstrap mengadopsi desain ponsel-pertama filsafat, menekankan desain responsif secara default.

Versi 4.0 alpha release menambahkan Sass dan flexbox dukungan.

Bootstrap adalah open source dan tersedia di GitHub. Pengembang didorong untuk berpartisipasi dalam proyek dan membuat kontribusi mereka sendiri untuk platform.

Komentar

  1. terimakasih atas artikelnya kak,sangatbermanfaat bagi saya sehingga saya bisa mengerti tentang bootstrap ,saya Deva Delilah dari kampus STMIK atma luhur jangan lupa singgah di website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Malam Kak,Makasih ya kak artikelnya sangat membantu saya dalam mempeljari Boostrap di perkuliahan saya,semoga artikel kakak kedepannya tentang Boostrap lebih baik lagi dan mudah dipahami.Saya Ismoe Iman Muhammad(1822500174) Mahasiswa Stmik Atma Luhur Pangkalpinang.Dan mampir-mampir ke website kampus saya ya kak https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Wahhhhhhh Makasih banyak ya kak,artikelnya sangat mudah dipahami dan membantu saya dalam materi perkuliahan saya.Dan kedepannya artikel tentang boostrap ini lebih baik lagi dan dapat membantu yang lain juga.saya Ismoyo budiutomo mahasiswa Stmik AtmaLuhur Pangkalpinang jangan lupa mampir ke website kampus saya ya kak
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. Keren kk artikelnya penjelasan lengkap dan membantu saya dalam materi kuliahan saya. dan semoga makin banyak orang yang mau dan penasaran dengan boostrap.sehingga dengan boostrap bisa membantu juga. Saya Andika Irawan mahasiswa Stmik AtmaLuhur jangan lupa mampir ke website kampus saya kak https://www.atmaluhur.ac.id Sehat selalu ya kk supaya update terus... Thx....

    BalasHapus
  5. Terimakasih artikel nya kak , sangat bermanfaat untuk saya yg ingin mempelajari tentang bootstrap , sukses terus untuk kedepannya kak dan semangat terus dalam memberi pengetahuan ya . Saya sadila septiani dari STMIK atma luhur , jangan lupa kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. Terimakasih artikelnya kak,ini sangat bermanfaat banget dan keren buat saya dan teman-teman yang baru saja ingin mempelajari tentang bootstrap.semoga sukses terus kedepannya dan selalu berbagi tentang pengetahuanny ya kak? Saya Alfina dari STMIK Atma Luhur ,jangan lupa kunjungi web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. Terima kasih artikel nya kak .ini akan jadi awal yang sangat bermanfaat untuk mempelajari tentang bootstrap.semoga masih banyak lagi artikel dan ilmu nya saya Aryaldi jeprian hasyim 1822500103 mahasiswa stmik atma luhur dan jangan lupa kunjungi web kampus stmik atma luhur
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  8. Terima kasih artikelnya kak, sangat membantu pembelajaran kuliah saya semoga web nya makin berkembang dan bermanfaat. Saya Alfindra mahasiswa Stmik atma luhur. Dan kunjungi juga website kampus saya http://www.stmikatmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat membantu kak,ini akan sangat membantu kami dalam pembelajaran ,semoga bermanfaat bagi saya,saya Rizky Suryanegara 1822500141 mahasiswa STMIK Atma luhur dan jangan lupa kunjungi web kampus kami STMIK Atma luhur.
    Http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  10. Artikel yang sangat membantu kak,ini akan sangat membantu kami dalam pembelajaran ,semoga bermanfaat bagi saya,saya Fadillah Achmad 1822500170 mahasiswa STMIK Atma luhur dan jangan lupa kunjungi web kampus kami STMIK Atma luhur.
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

Posting Komentar