Pengertian Cloud Computing atau Komputer Awan

Pengertian atau Definisi Cloud Computing - komputasi awan beberapa tahun terakhir telah menjadi " buzzword " terpanas didunia IT - Teknologi informasi. Seluruh nama besar seperti IMB, Microsoft, Google, dan Apple, saat ini sedang terlibat dalam peperangan untuk menjadi penguasa terbesar cloud computing ini, dan tentu saja masing-masing di antara mereka mengeluarkan jurus yang paling ampuh untuk menguasainya.
Baca Juga Sejarah Perkembangan Komputer
Cloud Computing adalah

IBM di paruh tahun 2009 meluncurkan LutosLive, layanan kolaborasi berbasis cloud, Micrososft mengeluarkan Windows Azure, sistem operasi yang berbasis cloud yang akan menjadi masa depan OS Windows, Apple mengambil sisi lain dan telah menyediakan Mobile Me yang memungkinkan pengguna Mac untuk melakukan sincronisasi data kedalam cloud, Sementara itu Google satu-satu nya raksasa yang lahir diera Internet, sudah lama mengeluarkan Google Docs yang memungkin para pengguna membuat dokumen atau bekerja dengan spreadsheet secara online tanpa perlu menginstall software di PC atau notebook. Bahkan Google sudah mengeluarkan sistem operasi cloud nya Chome OS yang akan menjadi ancaman serius bagi para penyedia sistem operasi lain.

Definisi atau Pengertian Cloud Computing

Jika kita mencari di search engine dengan kata kunci "Cloud Computing" , maka dalam sekejap ratusan artikel dan makalah tentang cloud computing akan muncul, dari mulai yang lengkap sampai yang singkat, namun semua sepakat bahwa inti dari definisi cloud computing adalah layanan teknologi informasi yang bisa diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet, secara harfiah cloud adalah awan, sedangkan menurut istilah dunia IT cloud adalah jaringan internet - Internet Cloud, Simple nya cloud computing adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan kita menyewa sumber daya teknologi informasi seperti software, processing, power, Storage, dan lain-lain. melalui internet dan memnfaatkanya sesuai dengan kebutuhan kita.

Pengertian definisi cloud computing

Manfaat cloud computing dengan konsep seperti ini adalah makin banyak orang yang bisa memiliki akses dan memanfaatkan sember daya tersebut dengan tanpa harus melakukan investasi besar-besaran. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang seperti sekarang, setiap organisasi akan berfikir ulang untuk berinvestasi tambahan dasi sis IT. terlebih hanya untuk mendapatkan layanan yang mungkin akan di perlukan sewaktu-waktu saja. baca juga cara mempercepat koneksi internet

Sejarah Singkat Cloud Computing

Ide awal dari cloud computing dimulai sejak tahun 1960-an, saat john McCarthy, yang merupakan pakar komputasi MIT yang dikenal juga sebagai salah satu pionir intelejensia buatan, menyampaikan visi bahwa suatu hari nanti cloud computing atau komputasi akan menjadi infrastuktur publik seperti halnya telepon dan listrik, namun pada tahun 1995 seorang Oracle yang bernama Larry Ellison, memunculkan ide "Network Computing" sebagai kampanye untuk menggugat dominasi micrososft yang saat itu sudah merajai dekstop computingdengan windows 95 nya.
Larry Ellipson menawarkan ide bahwa sebetulnya pengguna tidak membutuhkan berbagai software mulai dari sistem operasi sampai sofware lainny yang di instal kedalam PC dekstop mereka, PC dekstop bisa digantikan oleh sebuah terminal yang langsung tersambung dengan sebuah server yang meyediakan environment yang berisi berbagai kebutuhan software yang siap di akses oleh pengguna.
Ide Network Computing ini sempat memanas dengan muncuknya beberapa pabrikan sperti Sun Microsystem  dan Novel Netware yang menawarkan network computing clien sebagai pengganti dekstop. Namun Gerungan network computing lenyap dengan sendirinya karena masalah jaringan pada saat itu belum memadai sehingga akses network komputing sangat lambat.
Selanjutnya komputasi awan bergulir sperti bola  salju yang menyapu dunia teknologi , dumulai tahun 2005 mulai muncul inisiatif yang didorong oleh nama-nama besar seperti amazon.com yang meluncurkan Amazon EC2, Google dengan App Angine nya , tak ketinggalan raksasa biru IBM meluncurkan Blue Cloud Initiative, dan lain-lain. Semua inisiatif ini masih terus bergerak dan mencari bentuk terbaiknya, baik dari sisi praktik atau dari sisi akademis, akhirnya seperti yang kita saksikan sekarang seluruh nama-nama besar terlibat dalam peperangan cloud computing ini.
Baca dalam format pdf, Pengertian Cloud Computing.pdf

Komentar