Pengertian CPU dan Fungsinya

Pengertian CPU dan Fungsinya - CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena cpu merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering disebut dengan microprocessor dan processor merupakam pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer , karena itu kinerja sebuah komputer sangat tergantung kepada kinerja CPU nya. dan berikut gambar processor CPU

Pengertian CPU Lengkap dan Fungsinya

Bagian - bagian CPU

CPU mempunyai dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya, yaitu Arithmetical Unit (ALU) dan Control Unit (CU). Arithmetcal Unit berfungsi sebagai alat pengolahan data , seperti perhitungan perhitungan matematika. Control Unit Berfungsi sebgai pengontrol kerja komputer. Mengontrol kerja komputer adalah mengatur urutan urutan proses yang dilakka oleh komputer. untuk lebih lengkap silahkan baca fungsi utama CPU.

Kecepatan Kinerja CPU

Kecepatan kinerja CPU diukur dengan sebuah Hertz. Saat ini CPU yang digunakan dikomputer-komputer sudah mencapai kecepatan Gigahertz, 1 gigahertz sama dengan 1.000.000.000 hertz. Semakin tinggi kecepatan CPU makan semakin bagus juga kinerjanya. Dan tentu harganya pun sangat mahal.
Saat ini , CPU yang beredar dipasaran didominasi oleh merk Pentium yang dikeluarkan oleh perusahaan Intel. Merk lain yang cukup dikenal adalah AMD ( Advanced Micro Device). Perkembangan kecepatan processor sangat cepat pada tahun 1993 intel mengeluarkan Pentium dengan kecepatan 133 MHz, Namun pada tahun 2006 kecepatan Pentium processor untuk seri Pentium IV telah mencapai 3,6 GHz. Ini berarti kecepatan processor meningkat 27 dalam kurun 13 tahun.
Teknologi baru dalam bidang perangkat keras komputer CPU adalah teknologi processor dual core dimana sebuah processor mempunyai dua pusat pemrosesan yang bekerja secara pararel. Hal ini mengakibatkan kinerja processor naik menjadi dua kali lipat , processor dual core dari intel telah berdar dipasaran mempunyai kecepatan sampai 2,66 GHz.
Mungkin sekian dari saya mengenai Pengertian CPU dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.
Baca dalam Format Pdf. Pengertian CPU dan Fungsinya.pdf

Komentar