Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Pengertian Motherboard beserta fungsinya - Motherboard atau yang sering disebut mainboard atau papan induk merupakan jenis perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti processor, memory, VGA Card, Sound Card, LAN Card, dan setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat lain melekat pada Motherboard, Selain dilengkapi dengan slot-slot, ,motherboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu sama lain. berikut adalah gambar dari motherboard.

pengertian motherboard dan fungsinya wikipedia dan gambarnya beserta fungsinya pada komputer pengertian motherboard 486 dalam komputer


Biasanya motherboard didesain untuk digunakan pada processor tertentu saja, karena itu perangkat keras komputer motherboard yang didesain untuk processor Pentium tidak dapat digunakan untuk AMD, demikian juga sebaliknya.

Fungsi Motherboard Komputer

Fungsi penting motherboard adalah sbg pusat penghubung antara satu perangkat keras dgn perangkat keras yg yang lain. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas buat menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras utk disinergikan jadi suatu aktivitas kerja piranti komputer. Sbg contoh, motherboard berfungsi menghubungkan sekian banyak perangkat keras seperti procesor, RAM, hard disk, printer, power supply, & masihlah banyak lagi.

Seandainya anda mempunyai keingian untuk belajar merakit komputer sendiri, maka ada beberapa hal yang wajib anda teliti sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini anda harus memperhatikan banyak hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain : tipe soket procesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA & PCI, jumlah soket RAM, pula yg terpenting ialah reputasi & keandalan satu buah brand daripada perangkat keras motherboard yg dapat dibeli.

Di Indonesia sendiri, sudah menyebar luas cabang dari pembuat kenamaan yg memproduksi motherboard. Persaingan ketat juga ditunjukkan para pembuat guna jadi leader dalam pasar piranti keras motherboard. Seperti contohnya, merk product yg sekarang ini tengah mempunyai reputasi & keandalan yg bagus antara lain : Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, ECS, Biostar, & Jetway. Harga banderolan masing-masing brand juga mempunyai varian yg lumayan variatif. demikian dari saya mengenai pengertian motherboard dan fungsinya. semoga bermanfaat.

Baca juga bagian bagian komponen motherboard

Komentar