Belajar SEO untuk Pemula

Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi blog agar ditampilkan pada halaman utama / halaman atas pada search engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine tersebut. Prosesnya adalah seseorang membuka search engine Google, Yahoo, maupun MSN, dan selanjutnnya ia akan mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat blog-blog yang sesuai dengan kata pencarian yang diketikkan orang tersebut. baca juga pengertian blog

Dengan bermunculannya blog-blog baru setiap harinya, maka kebutuhan akan search engine sangat penting, yaitu untuk memudahkan mencari informasi dan menampilkan list blog-blog yang sesuai dengan informasi yang diinginkan. Karena sebagai pengguna internet, ada keterbatasan untuk mengingat maupun menyimpan alamat-alamat blog apa saja yang akan dikunjungi kembali nantinya. Karena peran search engine begitu penting dalam menampilkan informasi, maka bagi pemilik blog yang blognya ditampilkan oleh search engine tersebut, akan memberikan keuntungan yang besar, karena traffic yang diberikan dari search engine ke blog tersebut tentunya akan meningkat.

Kegiatan SEO ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster (pemilik website atau blog) baik melakukan optimasi dari sisi internal (isi website atau blog) maupun dari sisi external (back link) agar websitenya bisa ditampilkan pada halaman utama sesuai dengan kata pencarian yang dibidik olehnya. Target Anda adalah minimal ditampilkan dalam 5 lembar halaman pertama pada search engine, lebih baik bila bisa ditampilkan pada halaman 1 atau 2, karena seseorang pengguna internet yang mengetikkan kata pencarian pada search engine, jarang membuka list website sampai lebih dari 5 lembar halaman, biasanya hanya halaman 1 dan 2 saja, dan dalam 1 halaman saja memuat 10 buah daftar website dan bila kemudian
orang tersebut belum menemukan informasi yang dicarinya, ia akan mengetikkan kata pencarian lainnya.

Target utama dari kegiatan SEO ini adalah traffic yang diberikan dari search engine. Traffic SEO merupakan jumlah kunjungan yang didapat dari search engine, jadi seseorang mencari informasi pada search engine, kemudian ditampilkan blog Anda, kemudian ia mengklik blog Anda, dan membuka halaman blog Anda.

Dari traffic yang dihasilkan, sangat diharapkan bisa dikonversi menjadi penjualan untuk website atau blog yang menjual produk secara online. Dan traffic yang dihasilkan dari search engine tersebut merupakan ”targetted traffic”, ”targetted” karena pengunjung tersebut memang mencari informasi yang ditampilkan pada blog Anda.

Saya juga sudah mengoptimasi beberapa blogsaya, dan ternyata salah satu  blog saya berhasil tampil pada halaman utama search engine Yahoo. Salah satu blog saya adalah haznacomputer.blogspot.com
Saya sendiri membidik kata kunci atau keyword untuk komputer, , aktivasi windows 7 dan daftar wifi id. Basih banyak katakunci yang saya target. Dan anda bisa lihat screen shot dibawah ini.

cara kerja seo  manfaat seo  pengertian seo dan jenisnya  pengertian seo dan serp  pengertian seo footprint  pengertian seo on page dan seo off page

cara kerja seo  manfaat seo  pengertian seo dan jenisnya  pengertian seo dan serp

Dikarenakan saya ingin mendapatkan traffic dari pengguna search engine yang sedang mencari informasi tentang komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer informasi tersebut, karena isi dari blog saya yaitu Belajar Teknologi Informasi dan Informasi.
Posisi pada search engine tersebut akan terus berubah dalam hitungan harinya, karena itu Anda bisa menggunakan SEO untuk mendatangkan traffic dari serach engine, tetapi jangan menggunakan SEO sebagai strategi utama untuk mendatangkan traffic ke blog Anda. Karena bila metode pengurutan blog yang diterapkan oleh masing-masing search engine berubah, maka blog Anda mungkin bisa hilang dalam semalam. Tetapi sebagai dasar, ada beberapa hal yang perlu Anda terap kan untuk blog Anda, untuk mendapatkan traffic dari search engine ini.

Tips SEO untuk optimasi blog Anda antara lain yaitu:

1. Content
2. Back Link
3. Domain
4. Title dan Meta tags
5. Sitemaps
6. Natural Listing

Content:
Isi dari blog Anda harus memuat banyak kata kunci pencarian sesuai dengan kata kunci pencarian yang dibidik. Kata kunci pencarian adalah kata-kata yang diketikkan oleh pengguna internet pada search engine dalam mencari informasi yang diinginkannya.
Dalam contoh diatas kata kunci pencarian penulis adalah bisnis internet, bisnis online, bisnis internet indonesia, bisnis internet di indonesia, bisnis online indonesia, dan bisnis online di indonesia.

Back Link:
back link ini merupakan link blog Anda yang ditampilkan pada blog orang lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) blog Anda, semakin tinggi page rank maka search engine menilai blog Anda memuat content (isi) blog yang berkualitas untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari blog yang menaruh link ke blog Anda.

Domain:
Dalam pemilihan nama domain Anda pertama kali, usahakan agar terdapat keyword (kata kunci pencarian) pada nama domain Anda.

Title dan Metatags:
Untuk blog Anda, Anda perlu membuat title dan meta tags yang memuat kata kunci pencarian yang Anda bidik. Untuk membuat code title dan meta tags Anda bisa menggunakan http://freewebsubmission.com/meta-tags.html atau yang lainnya.

Sitemaps:
sitemaps adalah halaman yang menampilkan peta link pada blog Anda, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi blog Anda dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di blog Anda pada database search engine. Untuk membuat sitemaps Anda bisa menggunakanhttp://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya.

Natural Listing:
natural listing merupakan kegiatan mendaftarkan blog Anda pada search engine. Ada 4 buah search engine directory utama dimana Anda dapat mendaftarkan blog Anda.

- Google.com melalui
http://www.google.com/addurl
- Yahoo.com melalui
http://www.submit.search.yahoo.com
- MSN.com melalui
http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
- Dmoz.org melalui
http://www.dmoz.org

Dan masih banyak lagi search engine directory lainnya.

Komentar